Cara Mengatasi Baper

Ping! Sebuah pesan masuk ke smartphoneku di malam sabtu.
“bagaimana caranya menghilangkan baper” pesan dari salah satu kolega di kantor.
Sejenak saya berfikir, lalu berfikir lagi, dan menjawab seperti ini “kita sebagai manusia sudah dikaruniai perasaan, nggak bisa dihilangkan, paling juga diminimalisir..agar sesuai penempatannya.”
Topik ini lalu saya lempar ke sebuah grup watsap yang isinya anak-anak kuliahan dengan harapan mereka bisa memberi solusi secara kritis. Kesimpulan dari diskusi itu adalah, jika kalian merasa baper dengan seseorang..maka bikin dia baper juga. Counter attack istilahnya, serangan balik.

baper, kebawa perasaan, cara mengatasi baper
Apa itu baper
baper, bawa perasaan, meme, bahasa gaul, kebawa perasaanMasih ada yang bingung ngga nih saya ngomongin baper. Baper itu bukan snack yang lapisannya ratusan, heheh itu sih wafer. Baper adalah singkatan dari kebawa perasaan. Dulu kita lebih akrab dengan istilah sensitif atau perasa. Sebenarnya sama saja, tapi kok ya jadi negatif gitu sih labelnya. Beberapa hari ini malah beredar meme yang tulisannya begini
 “semenjak ada kata ‘baper’ orang jadi lupa kata ‘maaf’. Udah tahu salah, malah bilan ‘ah dia mah baperan’ bukannya minta maaf.”

Sisi positif baper
Orang baper itu nggak selalu yang ngambekan lho. Kalau kamu nonton FTV terus nangis, itu baper juga kan? Entah kenapa baper ini bisa dipersempit jadi hanya untuk si tukang ngambek.

Menjaga perasaan
Orang yang baper biasanya akan lebih menjaga perasaan orang lain, agar sebisa mungkin dia nggak menyinggung. Nggak enakan gitu sih jadinya. Takut ngerepotin, takut bikin orang ngga suka, dan semacamnya.

Peka banget
Minggu lalu di #jomblo story saya membahas tentang topik peka ini. Kesimpulannya sih, kepekaan itu tidak bergantung pada jenis kelamin. Kepekaan lebih ke kepribadian seseorang yang dipengaruhi oleh bermacam hal salah satunya budaya.



Orang yang baper biasanya peka banget sama hal-hal sesepele apapun. Thats why kita bisa nyaman curhat sama si baper. Dia biasanya punya solusi karena bisa melihat masalah kita lebih detail. Mungkin solusinya klise, tapi karena dia peka..jadilah si baper bisa memotivasi kita. Dia pakai perasaanya untuk menyentuh perasaan orang lain, ahay.

baper, bawa perasaan, meme, bahasa gaul, kebawa perasaan
Sisi negatif Baper
Di saat tertentu saya merasakan terlalu banyak mikir. Wanita biasanya mengalami siklus bulanan sehingga berpengaruh ke hormonal, saat itu rentan mengalami masa-masa baper. Dibecandain dikit aja kebawa perasaan lalu ngambek. Iya kan?

Negative thinking
Apapun entah itu percakapan, status di socmed orang, bahkan berita di tv bisa bikin si baper berpikiran negatif. Karena terlalu sensitif dan dipikirkan secara mendalam.

Capek sendiri
Orang baperan akan memikirkan sesuatu secara mendalam. Hal ini pasti bikin capek psikologis juga. Terkadang ada hal-hal tertentu yang sampai kebawa mimpi. Double deh capeknya di alam sadar dan bawah sadar sekaligus.

Ge-er an
“eh dia senyumin aku lho, eh dia balesin chat aku lho..balesnya sigap”. Kalau keseringan ge-er begini, ah...kamu cuma kebawa perasaan nak. Hehee..untuk topik ketertarikan dengan lawan jenis memang rawan banget terjadinya baper.

Jenis baper
Menurut saya, baper itu ada dua jenis. Yang pertama adalah baper baik, dimana dengan adanya hal yang ‘kebawa perasaan’ seseorang jadi lebih baik. Misalnya, si A dibaikin sama si B. Si A baper dan menganggap si B punya rasa istimewa. Semenjak itu ritme hidup si A jadi lebih berwarna dan indah.
Jenis baper yang kedua adalah baper buruk. Si C blogger update status ‘dasar narsis, apa-apa diposting..dipamerin’. si D yang kebetulan blogger dan social media enthusiast baper nih ‘ampun dah tu orang nyinyir aja..pasti gue nih yang dimaksud..kan tiap hari nongol di feed Instagramlah, Fb lah, timeline twitterlah’. Semenjak itu hubungan pertemanan si C dan si D jadi renggang. Tiap update status si C dinilai negatif dan nyinyir oleh si D.

Kurangi bapermu
Jurus melancarkan serangan balik bisa saja dilakukan. Tapi, kalau kepribadian lawan kita itu easy going yang cuek..serangan kita bakal mental atau malah jadi boomerang lho. Sebaiknya kita harus sadar diri. Sadar kalau kita lagi baper, sadar kalau kita lagi cuek. ‘duh..gue mulai baper nih..mulai stalking status dia’ contoh bentuk kesadaran itu hihii. Kalau sudah sadar, tempatkan pada saat yang tepat. Ada kalanya kita harus bisa peka dengan keadaan...adakalanya kita harus berpikir selogis mungkin dalam mengambil keputusan.

Jadi kamu lagi baper? Atau lagi ngadepin si baper? Share cerita dan pendapatmu ya soal baper di kolom komentar.

Ikuti #jombloStory yang mengangkat topik relationship setiap sabtu atau malam minggu ya..
 Auto Post  Signature

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar

0 Response to "Cara Mengatasi Baper"

Posting Komentar